Jembatan Tertinggi di Dunia
Di bawah ini adalah daftar jembatan tertinggi di dunia dengan
kriteria penilaian berdasarkan ketinggian struktur jembatan. Ketinggian
struktural jembatan adalah jarak vertikal maksimum dari titik paling
atas jembatan, seperti puncak sebuah menara jembatan di jembatan
gantung, turun ke titik terendah terlihat dari jembatan, hingga ke tanah
atau permukaan air di bawah jembatan. Berikut beberapa jembatan tersebut:
- Jembatan Millau (Tinggi 341 m)
Jembatan Millau (
le Viaduc de Millau) adalah sebuah jembatan
jalan yang bersanggahkan kabel yang menyeberangi lembah Sungai Tarn
dekat Millau di selatan Perancis. Dirancang oleh teknisi jembatan
Perancis Michel Virlogeux dengan arsitek Britania, Lord Foster,
Millau
merupakan jembatan “vehicular” tertinggi di dunia, dengan tonggak
puncak pada 341 meter; sedikit lebih tinggi dari Menara Eiffel dan hanya
40 m (132 kaki) lebih pendek dari Gedung Empire State.
Millau dibuka resmi pada 14 Desember 2004 dan dibuka untuk lalu lintas pada 16 Desember 2004.
- Jembatan Sungai Sutong Yangtze (Tinggi 306 m)
Jembatan Sungai Sutong Yangtze adalah jembatan kabel tetap yang
membentang diatas Sungai Yangtze di Cina antara Nantong dan Changshu,
sebuah kota satelit dari Suzhou, di provinsi Jiangsu. Dengan rentang
1.088 meter, jembatan ini adalah jembatan kabel dengan rentang utama
terpanjang di dunia pada 2010. Dua bentang samping masing-masing 300
meter, dan ada juga empat rentang kabel kecil. Jembatan ini menerima
penghargaan Prestasi 2010 Teknik Sipil Posisi (OCEA) dari American
Society of Civil Engineers.
Dua menara jembatan memiliki tinggi 306 meter dan dengan demikian
tertinggi ke tiga di dunia. Panjang jembatan total 8.206 meter.
Konstruksi dimulai pada bulan Juni 2003, dan jembatan itu terkait pada
bulan Juni 2007. Jembatan itu dibuka untuk lalu lintas pada tanggal 25
Mei 2008 dan secara resmi dibuka pada 30 Juni 2008. Konstruksi jembatan
ini menghabiskan biaya sekitar US $ 1,7 miliar.
- Jembatan Akashi-Kaikyo (Tinggi 298.3 m)
Jembatan Akashi-Kaikyo adalah jembatan gantung (suspension bridge) di
atas selat Akashi yang menghubungkan Maiko di kota Kobe dengan kota
Awaji di pulau Awaji, Jepang. Jembatan tol Akashi-Kaikyo terlihat indah
di waktu malam dengan gemerlap lampu-lampu beraneka warna, sehingga
jembatan ini juga dikenal dengan nama Pearl Bridge (jembatan mutiara).
Jembatan ini panjangnya 1990 meter dan merupakan jembatan terpanjang di
dunia.
Sebelum Jembatan Akashi-Kaikyo dibangun, kapal feri merupakan
satu-satunya sarana transportasi yang dipakai untuk menyeberangi
derasnya selat Akashi. Di tahun 1955, terjadi tabrakan akibat cuaca
buruk di Laut Pedalaman Seto antara 2 kapal feri dengan korban 168 tewas
yang sebagian besar anak-anak sekolah yang sedang studi wisata.
Kemarahan masyarakat mendorong pemerintah Jepang untuk mulai merancang
jembatan-jembatan yang menghubungkan pulau-pulau di Laut Pedalaman Seto,
termasuk di antaranya jembatan gantung di atas selat Akashi. Pada
mulanya, Jembatan Akashi-Kaikyo dirancang untuk dilewati kendaraan
bermotor dan kereta api, tapi pada saat proyek pembangunan diumumkan
pada bulan April 1986 ternyata jembatan hanya untuk dilewati kendaraan
bermotor saja (semuanya ada 6 jalur). Pembangunan fisik dimulai tahun
1988 dan jembatan dibuka untuk umum pada tanggal 5 April 1998.
- Jembatan Stonecutters (Tinggi 298 m)
Jembatan Stonecutters adalah jembatan kabel yang melintas di Selat
Rambler di Hong Kong, menghubungkan Nam Wan Kok, Pulau Tsing Yi dan
Pulau Stonecutters. Dek jembatan selesai dibangun pada tanggal 7 April
2009, membuat jembatan ini terpanjang kedua dalam rentang kabel tetap di
dunia, dan dibuka untuk lalu lintas umum pada 20 Desember 2009.
Konstruksinya, dimulai pada tanggal 27 April 2004 oleh beberapa
perusahaan seperti Maeda-Hitachi-Yokogawa-Hsin Chong. Menghabiskan dana
sebesar HK $ 2.760.000.000.
- Great Belt Fixed Link (Tinggi 254 m)
Great Belt Fixed Link adalah sebuah jembatan yang menghubungkan
antara Denmark dan Funen di Great Belt. Jembatan ini merupakan jembatan
gantung yang terdiri dari jalan raya dan terowongan kereta api antara
Zealand dan pulau Sprog. Jembatan ini memiliki rentang ketiga utama
terpanjang di dunia (1,6 km) dan tinggi konstruksi mencapai 254 m.
Sumber : http://uniknya.com
0 comments:
Post a Comment