About

Blogger news

Blogger templates

Monday, November 12, 2012

Obama Dinyatakan Menang Pemilu di Florida

Presiden Amerika Barack Obama dinyatakan sebagai pemenang Pemilu di negara bagian Florida, empat hari setelah ia dinyatakan kembali terpilih sebagai Presiden.

Florida menjadi satu-satunya negarabagian yang masih menghitung jumlah surat suara setelah Pemilu hari Selasa, yang menghadapkan Presiden Obama dari Partai Demokrat yang berkuasa dengan kandidat Partai Republik Mitt Romney.

Pemerintah negara bagian Florida mengatakan Presiden Obama meraih 50 persen suara sedangkan Romney meraih 49,1 persen. Perbedaan jumlah suara keduanya hampir 74 ribu, jumlah yang cukup untuk melampaui batas setengah persen yang mengharuskan dilakukannya penghitungan ulang.

Bahkan tanpa negarabagian tersebut, Presiden Obama sudah memperoleh lebih dari 270 suara Electoral College yang dibutuhkan untuk memenangkan Gedung Putih.

Di Amerika, setiap negarabagian diberi sejumlah electoral votes yang ditetapkan berdasarkan jumlah penduduk. Hal sama dilakukan untuk jumlah senator dan anggota DPR yang mewakili negarabagian itu di Kongres. Kecuali negarabagian Maine dan Nebraska, calon yang meraih suara terbanyak mendapat semua suara Electoral College dari negarabagian itu.

Dengan tambahan 29 suara elektoral dari negara bagian Florida, perolehan suara elektoral untuk Obama menjadi 332, sementara perolehan Romney tetap 206.

sumber : http://www.voaindonesia.com

0 comments:

Post a Comment