Jaringan Komputer adalah sekelompok komputer otonom yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya menggunakan protokolkomunikasi
melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi informasi, program
– program, penggunaan bersama perangkatkeras seperti printer, harddisk, dan
sebagainya. Selain itu jaringan komputer bisa diartikan sebagai kumpulan
sejumlah terminal komunikasi yang berada diberbagai lokasi yang terdiri dari
lebih satu komputer yang saling berhubungan.
Manfaat yang didapat dalam
membangun jaringan komputer, yaitu :
1. Sharing
resources
Sharing resources bertujuan agar seluruh program, peralatan atau
peripheral
lainnya dapat dimanfaatkan oleh setiap orangyang ada pada jaringan
komputer tanpa terpengaruh oleh lokasi maupun pengaruh dari pemakai.
2. Media Komunikasi
Jaringan komputer
memungkinkan terjadinya komunikasi antar pengguna, baik untuk teleconference
maupun untuk mengirim pesan atau informasi yang penting lainnya.
3. Integrasi Data
Jaringan komputer dapat
mencegah ketergantungan pada komputer pusat, karena setiap proses data tidak
harus dilakukan pada satu komputer saja, melainkan dapat didistribusikan ke
tempat lainnya. Oleh sebab inilah maka dapat terbentuk data yang terintegrasi
yang memudahkan pemakai untuk memperoleh dan mengolah informasi setiap saat.
4. Pengembangan dan
Pemeliharaan
Pengembangan peralatan
dapat dilakukan dengan mudah dan menghemat biaya, karena setiap pembelian
komponen seperti printer, maka tidak perlu membeli printer sejumlah komputer
yang ada tetapi cukup satu buah karena printer itu dapat digunakan secara
bersama – sama. Jaringan komputer juga
memudahkan pemakai dalam merawat harddisk dan peralatanlainnya,
misalnya untuk memberikan perlindungan terhadap serangan virus maka
pemakai cukup memusatkan perhatian padaharddisk yang ada pada
komputer pusat.
5. Keamanan Data
Sistem Jaringan Komputer
dapat memberikan perlindungan terhadap data. Karena pemberian dan pengaturan
hak akses kepada para pemakai, serta
teknik perlindungan terhadap harddisk sehingga data mendapatkan
perlindungan yang efektif.
6. Sumber Daya Lebih
Efisien dan Informasi Terkini
Dengan pemakaian sumber
daya secara bersama – sama, akan mendapatkan hasil yang maksimal dan kualitas
yang tinggi. Selain itu data atau informasi yang diakses selalu terbaru, karena
setiap ada perubahan yang terjadi dapat segera langsung diketahui oleh setiap
pemakai.
Jenis
jenis jaringan komputer menurut fungsi dan jangkauannya
1.
Local Area Network (LAN)
Local Area Network (LAN), merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (misalnya printer) dan saling bertukar informasi.
2. Metropolitan Area Network (MAN)
Metropolitan Area Network (MAN), pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.
3. Wide Area Network (WAN)
Wide Area Network (WAN), jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.
4. Internet
Sebenarnya terdapat banyak jaringan didunia ini, seringkali menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda. Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya. Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar jaringan yang seringkali tidak kampatibel dan berbeda. Biasanya untuk melakukan hal ini diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi inilah yang disebut dengan internet.
5. Jaringan Tanpa Kabel
Jaringan tanpa kabel merupakan suatu solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Misalnya orang yang ingin mendapat informasi atau melakukan komunikasi walaupun sedang berada diatas mobil atau pesawat terbang, maka mutlak jaringan tanpa kabel diperlukan karena koneksi kabel tidaklah mungkin dibuat di dalam mobil atau pesawat. Saat ini jaringan tanpa kabel sudah marak digunakan dengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberikan kecepatan akses yang lebih cepat dibandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel.
Local Area Network (LAN), merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (misalnya printer) dan saling bertukar informasi.
2. Metropolitan Area Network (MAN)
Metropolitan Area Network (MAN), pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.
3. Wide Area Network (WAN)
Wide Area Network (WAN), jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.
4. Internet
Sebenarnya terdapat banyak jaringan didunia ini, seringkali menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda. Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya. Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar jaringan yang seringkali tidak kampatibel dan berbeda. Biasanya untuk melakukan hal ini diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi inilah yang disebut dengan internet.
5. Jaringan Tanpa Kabel
Jaringan tanpa kabel merupakan suatu solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Misalnya orang yang ingin mendapat informasi atau melakukan komunikasi walaupun sedang berada diatas mobil atau pesawat terbang, maka mutlak jaringan tanpa kabel diperlukan karena koneksi kabel tidaklah mungkin dibuat di dalam mobil atau pesawat. Saat ini jaringan tanpa kabel sudah marak digunakan dengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberikan kecepatan akses yang lebih cepat dibandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel.
Tipe jaringan komputer
berdasarkan fungsinya
Menurut
fungsinya, jaringan komputer dapat dibedakan menjadi:
- Jaringan peer-to-peer (P2P) atau
point-to-point
Kedudukan setiap komputer yang terhubung dalam jaringan adalah
sama. Tidak ada komputer yang menjadi pelayan utama (server). Sehingga semua
komputer dalam jaringan dapat saling berkomunikasi dan berbagi penggunaan
perangkat keras dan perangkatlunak.
- Jaringan client-server
Pada jaringan client-server terdapat sebuah komputer yang
mengatur semua fasilitas yang tersedia dalam jaringan komputer, seperti
komunikasi, penggunaan bersama perangkat keras dan perangkat lunak serta
mengontrol jaringan. Komputer ini dinamakan server. Semua komputer lain selain server
disebut client.
- Topologi Jaringan Komputer
Topologi merupakan diagram yang mewakili cara komputer
terhubung dalam jaringan. Terdapat bermacam-macam topologi di dalam teori
jaringan komputer, namun dalam pembahasan ini hanya dibahas empat macam, yaitu:
- Topologi Bus
Seluruh komputer dalam jaringan terhubung dalam sebuah bus
atau jalur komunikasi data utama/ backbone (berupa kabel). Komputer dalam
jaringan berkomunikasi dengan cara mengirim dan mengambil data melalui bus
Macam-macam Jaringan Komputer 4
Server
- Topologi Ring
Sesuai dengan namanya, ring atau cincin, seluruh komputer
dalam jaringan terhubung pada sebuah jalur data yang menghubungkan komputer
satu dengan lainnya secara sambung-menyambung sedemikian rupa sehingga
menyerupai sebuah cincin. Topologi ini mirip dengan hubungan seri pada
rangkaian listrik, dengan kedua ujung dihubungkan kembali, sehingga jika salah
satu komputer mengalami gangguan, maka hal itu akan mempengaruhi keseluruhan
jaringan. Dalam sistem jaringan ini, data dikirim secara berkeliling sepanjang
jaringan (ring). Setiap komputer yang ingin mengirimkan data ke komputer lain
harus melalui ring ini.
- Topologi Mesh
Topologi ini sering disebut “pure peer-to-peer”, sebab
merupakan implementasi suatu jaringan komputer yang menghubungkan seluruh
komputer secara langsung. Saat ini sangat jarang digunakan sebab rumit dan
tidak praktis, topologi mesh ditunjukkan dalam Gambar 5
Gambar 5 Topologi Mesh
- Topologi Star
Dalam topologi ini masing-masing komputer dalam jaringan
dihubungkan ke sebuah konsentrator dengan menggunakan jalur yang berbeda-beda,
sehingga jika salah satu komputer mengalami gangguan, jaringan tidak akan
terpengaruh. Komunikasi di dalam jaringan diatur oleh konsentrator, berupa hub
maupun switch. Gambar topologi star ditunjukkan pada Gambar 6
Kekurangan dan kelebihan
topologi jaringan komputer
Topologi jaringan
komputer adalah bentuk perancangan baik secara fisik maupun secara logik yang
digunakan untuk membangunsebuah jaringan komputer.
Ada beberapa topologi
dasar jaringan komputer, yaitu sbb.
a. Topologi Linear Bus
Pada topologi linear bus
semua PC (terminal) dihubungkan pada jalur data (bus) yang berbentuk garis
lurus (linear). Sehingga, data yang dikirim akan melalui semua terminal pada
jalur tersebut. Jika alamat data tersebut sesuai dengan alamat yang dilalui,
maka data tersebut akan diterima dan diproses. Namun, jika alamat tidak sesuai,
maka data akan diabaikan oleh terminal yang dilalui dan pencarian alamat akan
diteruskan hingga ditemukan alamat yang sesuai.
Kelebihan:
-
hemat kabel
-
mudah dikembangkan
-
tidak membutuhkan kendali pusat
-
layout kabel sederhana
-
penambahan dan pengurangan terminal dapat dilakukan tanpa mengganggu operasi
yang berjalan.
Kelemahan:
-
deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil
-
kepadatan lalu lintas tinggi
-
keamanan data kurang terjamin
-
kecepatan akan menurun bila jumlah user (pemakai) bertambah
-
diperlukan repeater untuk jarak jauh
b. Topologi Cincin
Pada topologi ring semua
PC (terminal) dihubungkan pada jalur data (bus) yang membentuk lingkaran.
Sehingga, setiap terminal dalam jaringan saling tergantung. Akibatnya, apabila
terjadi kerusakan pada satu terminal, maka seluruh jaringan akan terganggu.
Kelebihan:
-
hemat kabel
-
tidak perlu penanganan bundel kabel khusus’
-
dapat melayani lalu lintas data yang padat
Kelemahan:
-
peka kesalahan
-
pengembangan jaringan lebih kaku
-
lambat
-
kerusakan pada media pengirim/ terminal dapat melumpuhkan kerja seluruh
jaringan
c. Topologi Bintang
Pada topologi star semua
PC (terminal) dihubungkan pada terminal pusat (server) yang menyediakan jalur
komunikasi khusus untuk terminal yang akan berkomunikasi. Sehingga, setiap
pengiriman data yang terjadi akan melalui terminal pusat.
Kelebihan:
-
paling fleksibel karena pemasangan kabel mudah
- penambahan
atau pengurangan terminal sangat mudah dan tidak mengganggu bagian jaringan
yang lain
-
kontrol terpusat sehingga memudahkan dalam deteksi dan isolasi kesalahan serta
memudahkan pengelolaan jaringan
Kelemahan:
-
boros kabel
-
kontrol terpusat (HUB) jadi elemen kritis
-
perlu penanganan khusus bundel kabel
Selain ketiga topologi
dasar di atas juga terdapat topologi lainnya yang merupakan hasil pengembangan
dari ketiga topologi tersebut.
d. Topologi Mesh
Adalah suatu bentuk
hubungan antar perangkat dimana setiap perangkat terhubung secara langsung
dengan perangkat lainnya yang ada di dalam jaringan.
Kelebihan:
·
Dapat berkomunikasi
langsung dengan perangkat tujuan.
·
Data dapat di kirim
langsung ke computer tujuan tanpa harus melalui computer lainnya lebih
cepat.Satu link di gunakan kusus untuk berkomunikasi dengan computer yang di
tuju.
·
Memiliki sifat Robust,
yaitu Apabila terjadi gangguan pada koneksi komputer A dengan komputer B karena
rusaknya kabel koneksi (links) antara A dan B, maka gangguan tersebut tidak
akan mempengaruhi koneksi komputer A dengan komputer lainnya.
·
Mudah dalam proses
identifikasi permasalahan pada saat terjadi kerusakan koneksi antar komputer.
Kekurangan:
·
Setiap perangkat harus
memiliki I/O port. Butuh banyak kabel sehingga butuh banyak biaya.
·
Instalasi dan
konfigurasi lebih sulit karena computer yang satu dengan yang lain harus terkoneksi
secara langsung.
e. Topologi Pohon/Tree
Kelebihan:
·
Seperti topologi star
perangkat terhubung pada pusat pengendali /HUB.
·
Tetapi HUB dibagi
menjadi dua,central HUB,dan secondary HUB
·
Topologi tree ini
memiliki keunggulan lebih mampu menjangkau jarak yang lebih jauh dengan
mengaktifkan fungsi Repeater yang dimiliki oleh HUB.
Kelemahan:
·
kabel yang digunakan
menjadi lebih banyak sehingga diperlukan perencanaan yang matang dalam
pengaturannya , termasuk di dalamnya adalah tata letak ruangan.
f. Topologi Extended
Star
Topologi Extended Star
merupakan perkembangan lanjutan dari topologi star, karakteristiknya tidak jauh
berbeda dengan topologi star.
Kelebihan:
·
jika satu kabel sub node
terputus maka sub node yang lainnya tidak terganggu, tetapi apabila central
node terputus maka semua node disetiap sub node akan terputus .
Kelemahan:
·
tidak dapat digunakan
kabel yang “lower grade” karena hanya menghandel satu traffic node, karena
untuk berkomunikasi antara satu node ke node lainnya membutuhkan beberapa kali
hops.
(sumber : http://blog.uad.ac.id/pujiantoro/2011/04/08/kelebihan-dan-kekurangan-topologi-jaringan-komputer/
)
Perangkat keras jaringan
komputer
Pengertian
Perangkat Keras/Hardware Jaringan Komputer adalah peralatan yang digunakan
untuk menghubungkan komputer ke komputer lainnya dalam suatu jaringan yang
bertujuan untuk berbagi data, informasi dan peralatan lainnya.
berikut ini beberapa
perangkat keras/hardware Jaringan Komputer sebagai berikut :
- Modem
Satu-satunya saat modem tidak
diperlukan adalah saat telephone tombol digunakan sebagai terminal. Semua
saluran jaringan komputer lain memerlukan modem pada tiap ujungnya. Modem
dirancang untuk beroperasi pada kecepatan tertentu biasanya 300, 1200, 2400,
4800 atau 96000 bit per detik dan seterusnya kecepatan modem menentukan
kecepatan transmisi data.
ADSL adalah type
modem untuk penggunaan accses internet kecepatan tinggi. Umumnya modem ADSL
merupakan integrasi dari modem, firewall dan ethernet switch serta router dan
mungkin juga dengan transiever. Modem ADSL bekerja pada frekwensi yang berbeda
dengan frekwensi yang digunakan dalam percakapan telephon sehingga saluran
telephon dapat digunakan untuk percapapan bersamaan dengan penggunaan transmisi
data melelalui modem ADSL.
- NIC
( Network Interface Card )
Kartu jaringan
atau Lan card dipasang pada setiap komputer yang akan dihubungkan ke suatu
jaringan computer. Banyak jenis dan merk kartu jaringan yang tersedia di pasar,
namun beberapa hal pokok yang perlu diketahui dari kartu jaringan yaitu type
kartu ISA atau PCI dengan kecepatan 10 atau 10/100 Mbps, harus disesuaikan
dengan tipe Ethernet HUB atau switching yang akan digunakan, jenis protocol dan
jenis kabel yang didukungnya disamping itu juga mengesampingkan kwalitas
produk. Komputer jenis terbaru tidak dilengkapi dengan slot ISA bahkan Network
Interface umumnya merupakan Onboard system artinya sudah tersedia pada
mainboard sehingga tidak perlu lagi dipasang Lan Card
Sesuai dengan besarnya tingkat kebutuhan akan jaringan komputer, sudah banyak mainboard komputer jenis terbaru dilengkapi kartu jaringan secara on board. Kwalitasnya bagus namun penulis berpendapat lebih baik menggunakan kartu jaringan yang terpisah. Salah satu keuntungannya adalah dapat memilih merk tertentu dan mudah diganti apabila terjadi kerusakan.
- HUB
Hub adalah
perangkat jaringan yang terdiri dari banyak port untuk menghubungkan Node atau
titik sehingga membentuk jaringan yang saling terhubung dalam topologi star.
Jika jumlah port yang tersedia tidak cukup untuk menghubungkan semua komputer
yang akan dihubungkan ke dalam satu jaringan dapat digunakan beberapa hub yang
dihubungkan secara up-link.
Port yang tersedia biasanya sampai 8, 16, 24 atau lebih banyak sesuai kebutuhan Anda. Untuk kecepatan, Anda dapat menggunakan HUB 10 atau Switch 10/100. Sebaiknya menggunakan 10/100 karena dapat digunakan untuk jaringan berkecepatan maksimal 10 atau 100. Hub ada yang mendukung pemggunaan kabel coax yang menukung topologi BUS dan UTP yang mendukung topologi STAR. Namun type terbaru cenderung hanya menyediakan dukungan untuk penggunaan kabel UTP.
Port yang tersedia biasanya sampai 8, 16, 24 atau lebih banyak sesuai kebutuhan Anda. Untuk kecepatan, Anda dapat menggunakan HUB 10 atau Switch 10/100. Sebaiknya menggunakan 10/100 karena dapat digunakan untuk jaringan berkecepatan maksimal 10 atau 100. Hub ada yang mendukung pemggunaan kabel coax yang menukung topologi BUS dan UTP yang mendukung topologi STAR. Namun type terbaru cenderung hanya menyediakan dukungan untuk penggunaan kabel UTP.
- Konektor RJ 45
Untuk menghubungkan kabel UTP diperlukan konektor RJ-45 atau
sejenis jack yang bentuknya mirip dengan jack kabel telepon namun memiliki
lebih banyak lubang kabel. Konektor tersebut dipasang di kedua ujung kabel
dengan peralatan Tang khusus UTP. Namun jika belum bisa memasangnya, Anda dapat
meminta sekaligus pemasang-an pada saat membeli kabel UTP
- Kabel
UTP
Ada beberapa jenis kabel
yang digunakan dalam jaringan network, namun yang paling banyak dipakai pada
private network/Local Area Network saat ini adalah kabel UTP.
-
Bridge
Bridge digunakan untuk menghubungan antar jaringan yang mempunyai
protokol yang sama. Hasil akhirnya adalah jaringan logis tunggal. Bridge juga
dapat digunakan jaringan yang mempunyai media fisik yang berbeda. Contoh
jaringan yang menggunakan fiber obtik dengan jaringan yang menggunakan coacial.
Bridge mempelajari
alamat tujuan lalulintas yang melewatinya dan mengarahkan ke tujuan. Juga
digunakan untuk menyekat jaringan. Jika jaringan diperlambat dengan adanya
lalulintas yang penuh maka jaringan dapat dibagi menjadi dua kesatuan yang
lebih kecil.
- Swich
Merupakan
pengembangan dari konsep Bridge. Ada dua arsitektur dasar yang digunakan pada
switch, yaitu cut-through dan store and forward. Switch cut-through mempunyai
kelebihan di sisi kecepatan karena ketika sebuah paket datang, switch hanya
memperhatikan alamat tujuan sebelum diteruskan ke segmen tijuannya, sedangkan
switch store and forward merupakan kebalikannya. Switch ini menerima dan memeriksa
seluruh isi paket sebelum meneruskannya ke tujuan dan untuk memeriksa satu
paket merlukan waktu, tetapi proses ini memungkinkan switch mengetahui adanya
kerusakan pada paket data dan mencegahnya agar tidak mengganggu jaringan.
- Cluster
Control Unit
Cluster Control Unit membangun hubungan antara terminal
yang dikendalikannya dengan perlatan-peralatan dan jaringan. Alat ini
memungkinkan beberapa terminal berbagi satu printer atau mengakses beberapa
komputer melalui jaringan yang bebeda. Cluster Control Unit dapat pula
mengerjakan pemeriksaan kesalahan dan pengubahan kode.
- Front - end Processor
Front-end Processor menangani lalulintas Jaringan komputer yang masuk dan keluar dari host komputer. Kedua komputer tersebut dapat merupakan jenis apapun, tetapi configurasi yang umum terdiri dari sejenis komputer mini khusus yang berfungsi sebagai front-end processor dan sebuah mainframe yang menjadi host.
Front-end
Processor berfungsi sebagai unit input dari host dengan mengumpuklkan
pesan-pesan yang masuk dan menyiapkan data bagi host. Front-end Processor juga
berfungsi sebagai unit output dari host dengan menerima pesan-pesan untuk
transmisi ke terminal.
Walau kecepatan
transmisi antara saluran dan front end Processor relatif lambat ( dalam banyak
kasus bit-bit ditransmisikan secara serial ) kecepatan tarnsmisi front-end
processor dengan host dapat berlangsung secara cepat ( beberapa bit
ditransmisikan secara paralel).
Sebagian front-end
processor melakukan message switching dengan mengatur rute (routing) pesan dari
suatu terminal ke yang lain tanpa melibatkan host. Jika karena suatu hal
terminal penerima tidak dapat menerima pesan (mungkin sedangan digunakan atau
rusak) front-end processor dapat menyimpan pesan tersebut dalam penyimpanan
sekunder dan mengirimkannya nanti. Kemampuan ini disebut simpan dan teruskan
(store and forward).
Sejarah Komputer
Zaman sekarang siapa sih yang nggak
kenal komputer. Alat canggih yang bisa buat apa aja, buat
mengerjakan pekerjaan kantor sampai membantu proses di pabrik. Selain untuk
kerja, komputer juga saat ini untuk hiburan dan bermain game.Komputer adalah
alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan.
Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya
melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti
kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya,
pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika,
tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan
matematika. Yuk kita lihatsejarah perkembangan komputer dari awal atau dari
tahun ke tahun.
Sejarah Perkembangan
Komputer
Tahun
|
Sejarah
|
|
1939
|
|
Hewlett-Packard Didirikan. David Packard dan Bill
Hewlett menemukan Hewlett-Packard di Palo Alto, California garasi. Produksi
pertama mereka adalah HP 200A Audio Osilator, yang dengan cepat menjadi
populer sepotong alat uji untuk insinyur. Walt Disney Pictures memerintahkan
delapan dari model 200B untuk digunakan sebagai generator efek suara untuk
film 1940 "Fantasia."
|
1940
|
|
Complex Number Calculator (CNC) selesai. Pada tahun
1939, Bell Telephone Laboratories selesai kalkulator ini, dirancang oleh
peneliti George Stibitz. Pada tahun 1940, Stibitz menunjukkan CNC pada
konferensi American Society matematika diadakan di Dartmouth College. Stibitz
tertegun kelompok dengan melakukan perhitungan jarak jauh di CNC (terletak di
New York City) menggunakan Teletype terhubung melalui saluran telepon khusus.
Hal ini dianggap sebagai demonstrasi pertama dari komputasi akses remote.
|
1941
|
|
Konrad Zuse menyelesaikan komputer Z3. Z3 merupakan
komputer awal dibangun oleh insinyur Jerman Konrad Zuse yang bekerja di
isolasi lengkap dari perkembangan di tempat lain. Menggunakan 2.300 relay,
yang digunakan Z3 aritmetika titik mengambang biner dan memiliki panjang kata
22-bit. Z3 asli hancur dalam serangan pemboman Berlin pada akhir tahun 1943.
Namun, Zuse kemudian diawasi rekonstruksi dari Z3 tahun 1960 yang saat ini
dipamerkan di Museum Deutsches di Munich.
|
1941
|
|
Bombe pertama selesai. Berdasarkan sebagian pada
desain dari Polandia "Bomba," alat mekanis decrypting komunikasi militer
Nazi selama Perang Dunia II, desain Bombe Inggris sangat dipengaruhi oleh
karya pelopor komputer Alan Turing dan lain-lain. Banyak Bombes dibangun.
Bersama-sama mereka secara dramatis meningkatjan kecerdasan pengumpulan dan
pengolahan kemampuan pasukan Sekutu.
|
1942
|
|
Komputer Atanasoff-Berry (ABC) selesai. Setelah
berhasil menunjukkan prototipe bukti-konsep pada tahun 1939, Atanasoff
menerima dana untuk membangun mesin skala penuh. Dibangun di Iowa State
College (sekarang Universitas), ABC dirancang dan dibangun oleh Profesor John
Vincent Atanasoff dan mahasiswa pascasarjana Cliff Berry antara 1939 dan
1942. ABC berada di tengah-tengah sengketa paten berkaitan dengan penemuan
komputer, yang diselesaikan pada tahun 1973 ketika ditunjukkan bahwa ENIAC
rekan desainer John Mauchly telah datang untuk memeriksa ABC tak lama setelah
menjadi fungsional.
|
1943
|
|
Proyek Whirlwind dimulai. Selama Perang Dunia II,
Angkatan Laut AS mendekati Institut Teknologi Massachusetts (MIT) tentang
membangun simulator penerbangan untuk melatih awak bomber. Tim pertama
membangun sebuah komputer analog besar, tapi ternyata tidak akurat dan tidak
fleksibel. Setelah desainer melihat demonstrasi dari komputer ENIAC, mereka
memutuskan untuk membangun sebuah komputer digital. Pada saat Whirlwind itu
selesai pada tahun 1951, Angkatan Laut telah kehilangan minat dalam proyek,
meskipun Angkatan Udara AS pada akhirnya akan mendukung proyek yang akan
mempengaruhi desain program SAGE.
|
1944
|
|
Harvard Mark-1 selesai. Dirancang oleh seorang
profesor Harvard Howard Aiken, dan dirancang dan dibangun oleh IBM, Harvard
Mark-1 adalah kalkulator seukuran kamar, berbasis relay. Mesin memiliki
camshaft lima puluh kaki panjang yang disinkronkan ribuan mesin dari bagian
komponen. Mark-1 digunakan untuk menghasilkan tabel matematika tapi segera
digantikan oleh komputer program tersimpan.
|
1945
|
|
Konrad Zuse mulai bekerja pada Plankalkul (Rencana
Kalkulus), bahasa pemrograman pertama algoritmik, dengan tujuan menciptakan
prasyarat teoritis untuk perumusan masalah yang bersifat umum. Tujuh tahun
sebelumnya, Zuse telah mengembangkan dan membangun biner pertama di dunia komputer
digital, Z1. Dia menyelesaikan berfungsi penuh pertama-program dikendalikan
komputer digital elektromekanik, Z3, pada tahun 1941. Hanya Z4 - yang paling
canggih dari kreasinya - selalat Perang Dunia II.
|
1947
|
|
Pelopor komputer Presper Eckert dan John Mauchly
mendirikan Eckert-Mauchly Computer Corp untuk membangun mesin berdasarkan
pengalaman mereka dengan ENIAC dan EDVAC. Mesin hanya perusahaan membangun
adalah BINAC. Sebelum menyelesaikan UNIVAC, perusahaan ini menjadi sebuah
divisi dari Remington Rand.
|
1948
|
|
IBM´s Selective Sequence Electronic Calculator
menghitung data ilmiah di layar publik Manhattan dekat markas perusahaan.
Sebelum dekomisioning pada 1952, SSEC diproduksi bulan-posisi tabel yang
digunakan untuk merencanakan perjalanan penerbangan Apollo tahun 1969 sampai
bulan.
|
0 comments:
Post a Comment